Penipuan Tukar ATM

Hi readers,,

Pernah atau sering baca/denger modus penipuan tukar ATM?

Banyak banget sekarang modus penipu yang menukar ATM kita, tanpa kita sadar.

Gak usah jauh-jauh Papi saya (Ayah) pernah kena juga.

Modusnya Hibah uang dari Raja Malaysia.

Lagi nongkrong di depan rumah, tiba-tiba si papi disamperi sama orang, berlogat Melayu Malaysia.
Kemudian orang itu bilang begini

Pelaku : ” Cik bisa bantu saye”

Papi : ” Bantu apa pak?”

Pelaku : ” Saya ni dari Malaysia, di utus oleh Raja, untuk memberikan santunan kepada beberapa Panti, Orang Miskin,
ataupun lembaga yang membutuhkan”

Papi : ” Terus bapak butuh apa dari saya? ”

Pelaku : ‘ Tolong cik bisa kah menjadi guide, memberikan info dimana saya bisa memberikan nya? Dimana lembaga yang paling di dekat sini?”

Papi gw sebenernya curigalah,, tapi berhubung papi gw juga cuma visitor di bandung, papi gw bilang ke orangn ya kalau Papi gak tau, dan dia disuruh nyari orang lain aja.

Nah tiba-tiba kemudian ada orang gitu di Mobil, di datangin sama Pak Cik itu, setelah beberapa menit kemudian orang itu dan si Pelaku mendatangi Bapak saya lagi.

Pelaku : ” Cik, tadi saya juga sudah menyampaikan hal yang sama kepada Pak Cik ini” sambil doi nunjukin orang yang tadi di datanginnya
” Saya punya keputusan, Insya Allah saya percaya kepada Pak Cik – Pak Cik ini, saya diberikan amanah, Raja memberikan saya uang 1 Milyar,
dan saya di suruh untuk membagikan, tetapi karena saya harus cepat kembali lagi ke Malaysia, jadi saya ingin memberikan uang menitipkan kepada Pak Cik, Pak Cik ini ”

Papi : ” Aduh, saya gak bisa pak, langsung saja sama bapak ini ke lembaga-lembaga”

Orang Ke- 2: ” Iya pak, kok bisa bapak kasih uang besar padahal baru kenal ”

Pelaku : ” Insya Allah saya percaya, maksud saya, uang ini agar bisa di bagikan ke banyak lembaga, bukan ke satu saja, jadi bisa merata.
Yah kalau Pak Cik – Pak Cik ini tidak percaya silahkan ikut saya ke ATM terdekat, saya akan menunjukkan uangnya”

Akhirnya setelah tatap-tatapan sama orang ke-2 dan kebetulan pula ada ATM yang deket, akhirnya si Papi gw ikut aja,
dia pengen tau juga sampai mana kah kebeneran si Pelaku ini.

Dengan menumpang si orang kedua, sampai lah mereka di ATM BRI.

Jadi si Pelaku kemudian ber-3 masuk ke ATM.
Di ATM ternyata bener, si papi saya ngelihat sendiri ada Uang sebesar 900 jutaan di saldonya.
“walaupun saya gak yakin sih,, apa itu trik atau gimana, kok bisa ada 900 juta, kalau bener, berarti ini si pelaku bermodal besar”

Nah kemudian si pelaku meminta agar masing-masing dari Papi dan Orang ke-2 Mengeluarkan Atm mereka,,,

Si Papi dan orang kedua kebetulan memiliki ATM BCA, si pelaku kemudian meminta ATM mereka, melihatnya, dan mengembalikan kembali ATM tersebut.

Pelaku kemudian mengatakan, karena hari ini sudah sore, dan saya rasa tak bisa melalui ATM transfer uang sebanyak itu, besok pagi bertemu lagi di titik yang sama.
Mereka mau barengan ke bank.

Begitu pulang,, kemudian papi gw bercerita di awali dengan perkataan
“Hari ini ada kejadian aneh,,,”
dan kemudian dia menceritakan dari A – Z kejadian tadi.

Gw, langsung punya filling gak enak, walaupun gw gak pernah tau ada trik seperti ini sebelumnya,
tapi pasti NGGAK MUNGKIN BANGET ada orang segampang gitu mau ngasih duit ke orang yang baru di kenal.

Papi gw tapi semepat bilang ” Papi tapi udah ke ATM bareng dia, dan pas cek saldo ada uang Rp 900 jutaan”

Saat itu juga gw browsing,,,
Dan memang bener gak ada yang orng kejadian sama persis,,

Cuma akhirnya gw ketemu salah satu postingan, yang kejadiannya hampir mirip.

Klo kejadian yang gw baca, waktu dia lari Pagi gitu, ada tiba-tiba orang yang bilang minta bantuan dicariin hotel gitu,
dia ngakunya dari Brunei, dan ternyata,, sama ada orang di mobil yang di stop dan itulah ternyata komplotan nya Orang ke-2

Gw langsung suruh papi gw periksa ATMnya.
Gw: Pi! coba cek ATM, pasti udah di tuker!!

Bener aja, pas cek ATM ternyata ATMnya doi di tuker, itu pun dia baru lama nyadarnya,, dia bolak balik gitu ATMnya,, terus bilang iya ya kok kayaknya beda.

Jadi begini modusnya.

Waktu dia bilang minta lihat ATM, si Papi ngeluarin ATM BCA nya,,, orang ke-2 ngelihat dulu nih,, atm si papi apa,,
jadi orang ke-2 ini punya banyak bgt jenis atm. Begitu dia lihat ATm papi gw apa,, dia langsung ngambil yang sama persis.

Nah tadi kan gw bilang itu orang minta ATM nya si Papi gw sama si Orang itu,, nah ternyata langsung di tukar sama dia,,
si komplotannya waktu si papi gw ngasih,, kan ngasih juga tuh ATM yang sama,, pas lagi di pegang pelaku,, si Orang ke-2 tiba2 noleh dan bilang, wah sama banknya.
Jadi pas papi gw noleh,, di tuker lah ama pelaku utama.

Gw: Pi gak ada ngasih tau nomer Pin kan?!

Papi: nggak ada,, dia cuma minta di tunjukin atm aja.

Gw: Yakin papi? soalnya walaupun dia da atm papi tapi klo gak ada pin sih selamat aja

Papi: Yah mungkin besok kali dia kan janji mau ketemu, mungkin besok dia minta nomor pin

Ehhh tiba-tiba lagi ngomong, ada telepon.

Papi gw ngeliat nomer asing, langsung dia bilang “Nih pasti orang yang tadi nih,,,”

Gw : Pi pokoknya kalau dia nanya PIn di salah-salahin.

Papi: ” Halo ”

Pelaku : ” Pak Cik, ini saya yang tadi,, ”

Papi : ” Iya pak,, gimana pak?”

Pelaku : ” Ohya pak CIk, Pak Cik kan sudah mengetahui pin saya tadi, dan seluruh isi saldo , saya ingin kita saling percaya,,
saya minta Pin Pak Cik juga,, saya ingin mengetahui juga,, yah saling jujur”

Papi : ” oh ya,, pinya 845632 ” ngasal*

Pelaku: ” Oke pak CIk, sampai bertemu esok”

Walaupun ngasih pin ngasal, Papi gw langsung nelepon Halo BCA,,
langsung minta di blokir ATMnya,,, dan benar aja,, ternyata atmnya udah keblokir sendiri,
Ternyata pada saat yang sama si pelaku dari Indomaret Buah Batu, udah masukin pin 3x jadi keblokir ATMnya.

Waduhh waduhh,,, makanya hati-hati ya semua.

Nah berikut adalah TIPS agar atm kita gak bisa di tuker, ama pelaku penipuan.

Jadi begini,, seperti gambar yang tertera,,
Saya punya 2 ATm,
ATM saya seperti kebanyakan ATM lain,, saya gak kasihin nama,, karena malas nunggu proses cetak nama di ATM nya,,

Adapun nama sebenernya gak jaminan kita bisa gak jadi korban namun setidaknya meminimalisasi penipuan.
Karena kadang cetakan nama itu kecil,,
jadi kalau situasinya mendesak kita gak terlalu perhatiin.
nah inilah yang menyebabkan gampang banget di tuker sama penipu- penipu itu.

Lebih baik kita tandai ATM kita gede-gede.
Mark dengan spidol Permanen.

Boleh di tandai dengan Alias Nama Kita.
Boleh dengan Gambar-gambar yang mencolok mata.

Yang gak di rekomendasi adalah di tandai dengan tanda tangan apalagi nomor pin ehhehe

Nah kalau udah seperti contoh di bawah ini,, Dengan tanda segede gitu,, kita pasti awas nih,, klo ampe di tuker ama ATM lain.
Plus,, mereka pasti susah juga kalau mau niru, karena butuh waktu.

Jadi cara efektif banget untuk menyelamatkan kita dari Penipuan.

So temen saudara kerabat,, Jangan lupa Tandai ATM KITA!

” KU TANDAI KAU YA! ”