Heran juga sih kenapa baru skarang hebohnya,,

Aku sendiri udah tau dari lama,,

Aku itu tau pas tahun 2008, waktu dimana ATM Mandiri kebobolan di Batam.
Banyak banget yang kehilangan duitnya, bahkan ex-patriat or bule2 juga banyak yg kebobolan .

Pelakunya sih ketangkep, yaitu 3 orang warga Malaysia.
Tapi sayang Bank nya gak mau bertanggung jawab dengan mengatakan ” Murni Kelalaian Nasabah”

Kemarin Itu pelakunya ketangkep melalui Kamera CCTV ATMnya yang di sidik oleh Polisi.
Selama rekaman 3 hari berturut2, ada 3 terkadang 2 orang mencurigakan yang rutin ke ATM itu, terkadang dia seperti mencungkil-cungkil moncong bibir ATM, namun rekaman agak kaburrr banget (maklum CCTV ala Bank Indonesia, udah burem, gerakannya kayak robot pula) udah gitu temennya yg satu lagi biasanya berusaha menutp-nutupi dengan membelakangi CCTV.

Namun Akhirnya Polisi Yang Pinter menangkap kecerobohan pelaku, yaitu pelaku sering banget kesana dengan menggunakan pakaian santai, yaitu celana pendek, dan sendal jepit, juga wajah mereka yang Oriental dapat mengindikasihkan mereka sepertinya bukan dari pribumi (walaupun sebenernya susah juga karena pribumi dan Chinese di Batam sama banyaknya).
Akhirnya wilayah dekat mall itu disisir, dan mereka tertangkap di deket apertemen/hotel yah?? pokoknya gitu deh.

Namun sayangnya tetep aja Pihak Bank menutup mata.

Aku rasa saat ini adalah saat yang tepat buat semua korban ATM Mandiri yg tahun 2008 lalu di Batam buat nuntut hakĀ  balik uang kalian, selama bukti rekening masih ada.

****

Oh iya,, balik lagi,, karena peristiwa itu aku coba cari2 di Internet, akhirnya aku ketemu kalau alat itu di perdagangkan bebas banget kala itu, bahkan masih bisa di cari di Ebay saat itu, tapi sekarang udah gak bisa lagi karena alat itu di kategorikan barang “Meresahkan dan Illegal” semenjak tahun 2008 akhir kayaknya.

Harganya Lumayan mahal masih inget kemarin jual dengan USD $ 2200, sellernmya udah lupa sapa. Yang pasti klo gak salah dari Eropa.
Itu udah satu set mulai dari Magnetik Readernya, Magnetik Writernya, Spy cam, sama Slot Cardnya (slot boongan yang biasa di taronya di moncong bibir atm).

Waktu itu dikasih 2 tipe slot lagi, dengan instruksi ” Tipe Slot akan berbeda-beda tergantung bibir ATM gunakan yang paling pas).
Trus cari-cari lagi di Internet informasi ginian.
Bahkan ada yang menyarankan agar Slot nya tidak mencurigakan, lebih baik di cat/pernish sesuai warna bibir ATM masing-masing.

Nah akhirnya mulai dari tahun segitu aku udah aware banget makai ATM2 di Negeri kita tercinta.

Apalagi aku dikasih tau sih, biasnaya ATM yg paling mudah untuk di buat bnegini adalah:

1. ATM dengan Tipe lama, yang biasanya kalau narik duit, lemotnya AuzubillahMinzalib,, 10 menit baru keluar duit kita.
2. ATM di Mall, yang pintu sendiri, dan jarang pengawasan satpam, agak tertutup (biasanya dipasang alatnya malem)
3. Di Atm Center (pusat perbelanjaan atau dimana aja yang ramai) yg biasanya tempetnya ramai dengan cantolan2 dan gantungan2 pamflet, brosur de el el. (kenapa, karena biasanya spy kamera kan tersembunyi dibalik pamflet/brosur2 tersebut, jadi walau ada letak brosur yg gak sesuai tempatnya dan rada janggal kita jadi gak menghiraukan karena situasi di sekitar)

Trus dikasih tau, biasanya yang paling aman itu adalah ATM yg berada di Bank.
Tapi kan repot juga kalau kita harus nyari ATM yg di Bank Terus.
Yang kedua kalau kita mencurigai slot pada bank, gak usah takut,, di utak atik dan tarik2 aja tuh slotnya. Nah biasanya kalau slot asli dia akan kuat merekeat karena emang udah dari sononya di rekat kuat, sedangkan kalau slot palsu kalau kita utak atik agak kenceng, biasnya dia langsung renggang malah kadang lepas sendiri, karena biasanya cuma di lem biasa doang atau pakai double tip.

Nah kejadian lucu itu pas tahun 2009 sekitar bulan maret aku ke Bali,, Saat di ATM aku baru pertama kali lihat di BCA kok dia kayak ada slot aneh yg nempel,, warnanya bening, dah gitu kyak ada lampu kedap kedip warna hijaunya,,

Aku palagi suamiku udah curiga banget,, kami langsung tatap-tatapan,, terus ngelihat sekeliling. Suami aku langsung utak-atik alatnya,,, tapi gak mau lepas,,, karena kita ngerasa gak aman,, kita pindah atm, eh gak taunya sama aja,,, tetep ada slot yg mencurigakan itu,,

Eh selidik2 punya selidik, ternyata itu adalah slot pengaman hehehe,,
Ya udah deh rada ceria dan legaan.

Aku makanya rada heran begitu tau di Bali byk korban yang jatuh, karena terus terang di Banding Bandung sepertinya Bank dan ATM BCA di bali udah diluan aware. Yah tapi mungkin sih gak semua ATM di gituin.

Yah last not least semoga itu penjahat semuanya di Basmi.
Dan Seluruh bank2 di Bali mau bertangung jawab dengan Nasabahnya.

Oke Peace from Me and my baby :)