Pertama datang ke Batam, banyak orang yang makan dan tentunya langsung memesan Es Teh Manis.

Nah, tapi sayang, seringnya mereka nggak di tanggapi, karena di Batam ini masih rada “belum terbiasa” dengan kata-kata es teh manis.

Nah,, coba anda langsung ngomong
“Mbak Teh Obengnya satu”
Pasti dengan sigap si mbak-mbaknya langsung menyuguhkan Es Teh Manis nikmat ala Batam ini :D

Pasti pada bingung kan kok bisa “Es Teh Manis” berubah jauh banget jadi “Teh Obeng”

Gini- gini sejarahnya kenapa menjadi Teh Obeng.

Pada suatu hari yang indah, ada seorang keluarga yang baru membuka restoran.
Nah,, singkat ceroita adalah, pada saat dia membuka restoran, restorannya itu ternyata cukup laku.

Namun ternyata si ibu kurang persiapan!
Begitu banyak yang memesan, dan ternyata stok sendok udah habis.
Pas giliran ada orang yang memesan Es Teh Manis, udah di kasih airnya, tehnya, gulanya, tinggal mengaduknya aja,, eh gak taunya alat pengaduknya gak ada.
Setelah cari-kesana sini, tetep gak nemu, akhirnya,, sang ibu empunya warung melihat ada obeng yang belum terpakai, ia pun segera mencuci obeng itu, dan segera mengaduk teh tersebut dengan obeng.

Awalnya sang ibu takut ketahuan, namun tanpa disangka, ternyata justru mendapat respon yang positif.
Banyak orang yang mengatakan, bahwa rasa tehnya lebih enak di banding tempat lain.
Restorannya pun akhirnya terkenal dengan teh nya itu tersebut.

Nah tulah cerita asal muasal di Balik nama Teh Obeng Ini :D

Nah pertanyaannya adalah apakah anda percaya?

Jangan percaya dong,, soalnya saya boong  heuehueuh
Saya cuman mengarang bebeas aja tadi hwahuhwauwh.

Yang sebenarnya akan saya paparkan dech :D

Sebelumnya saya udah searching mengenai Teh Obeng.
Dan jujur saja, banyak yang salah informasi, mungkin karena kebanyakan yg cerita tentang teh obeng ini bukan orang Batam kali yah.

Jadi begini, tau sendiri kan bahwa Batam itu dekat dengan Singapore dan Malaysia.
Jadi Batam terkena sedikit pengaruh dari 2 negeri tsb :)

Pertama-tamanya, namnaya itu bukan Teh Obeng, melainkan Teh Apeng.

Nah Peng ini sendiri berarti es.
Namun karena sudah bercampur dengan lidah  Indonesia, akhirnya dulu warga keturunan banyak yang menyebut dengan Teh Openg.
Nahhh tetap saja, kata-kata Teh Openg itu masih ganjil, bagi warga asli Indonesia.
Akhirnya beriring waktu Huruf P tersebut berganti menjadi B, menjadi Teh Obeng yang legendaris.

:)

Sebenarnya Teh Obeng sendiri memang mempunyai beberapa ciri khas.

Sayang, ciri khas tersebut belakangan telah terlupakan, seiring dengan masuknya orang2 baru yang mencoba berbisnis di Makanan namun tetep menjual nama Teh Obeng.

Aslinya Teh Obeng memakai Teh yang asli berasal dari Batam yaitu bubuk Teh Prendjak.
Wahhh aroma teh yang satu ini memang mantappp sekali,, begitu kentall begitu pekat.

Dan kedua, ciri teh obeng ini biasanya, esnya adalah es yang bolong tengahnya, bukan es kotak (walaupun duluuuu banget petama-tama memang Teh obeng makai es batu yang di pecah karena maklum mungkin jaman dulu banget blum ada alat pembuat es, namun 15 tahun kebelakang semua sudah memakai es yang bolong tengahnya)

Sekarang ini banyaknya orang2 pada makai teh celup Sari Wangi atau Sosro yang gampang dan praktis.

Yah udah deh :)

Itulah Riwayat Legendaris dari Teh Obeng ;)


Ets pertanyaan, hayoh Kalau Teh Manis Hanget apa sebutannya di Batam yo??